gravatar

Meletusnya Sinabung Jadi Sorotan Internasional

 

Senin, 30 Agustus 2010 | 10:59 WIB

 

foto

Gunung Sinabung yang masih mengeluarkan debu vulkanik, pasca mengeluarkan lava pijar, di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (29/8). Gunung sinabung pada Minggu (29/8) dini hari menyemburkan lava pijar, sehingga belasan ribu warga mengungsi ke tempat yang lebih aman. ANTARA/Irsan Mulyadi

TEMPO Interaktif, Jakarta -Meletusnya Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Ahad (29/8), mendapat sorotan internasional. Berbagai media massa asing memberitakan meletusnya Sinabung, yang lebih 400 tahun tertidur.
Reuters dalam tajuknya memberitakan, ribuan warga mengungsi karena letusan gunung api tersebut. Sinabung memuntahkan lahar sepanjang 1.500 meter dan mengeluarkan asap serta debu setinggi 5.000 kaki ke udara.
Disebutkan, dua orang tewas yang disebabkan masalah pernapasan dan serangan jantung terkait meletusnya Sinabung. Selain itu dua warga luka-luka dalam kecelakaan di jalan. Truk, ambulan, dan bis dikerahkan dalam operasi penyelamatan. Pemberitaan Reuters ini pun dilansir bermacam media dari berbagai negara, seperti Arab News dan The Star.
Kantor Berita Associated Press juga menyoroti meletusnya Sinabung dalam laporan yang berkelanjutan. Tak ketinggalan Foxnews dan Telegraph turut menyiarkan Sinabung lengkap dengan foto-fotonya. Begitu juga CNN, New York Times, Washington Post, dan Kantor Berita Cina Xinhua ikut memberitakan peristiwa bencana alam di Indonesia ini.
Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia berada pada area Cincin Api (Ring of Fire) yang dipenuhi gunung-gunung berapi yang membujur di sepanjang wilayahnya.
Pemerintah Indonesia dalam keterangannya mengatakan Gunung Sinabung terakhir meletus pada tahun 1600, sehingga pengamat tidak tahu pola letusan gunung tersebut dan kurang memonitor aktivitasnya secara tepat.

BERBAGAI SUMBER | BASUKI RAHMAT

Related Article by Categories



Widget by Uda3's Blog
Share

Tinggalkan kesan anda

Cbox Message :

Pagerank and Seo stats

Mohon Tinggalkan Link Anda:

Tukar Link dan Promosi Website
http://www.tirta-fajri.net/
http://sawali.info/10-1/
http://zianka-art.blogspot.com/
http://kedaiobat.co.cc/10-1/
http://Dhana Arsega.blogspot.com/
http://sudeska.net/
http://verdien.com/
http://myguidestar.blogspot.com
http://www.b-trang2u.com/_____ _____
http://hadzrin.com/_____ _____
_____ L _____
_____ M _____
_____ N _____
_____ O _____
_____ P _____
_____ Q _____
_____ R _____
_____ S _____
_____ T _____
_____ U _____
_____ V _____
_____ W _____
_____ X _____
_____ Y _____
_____ Z _____
Blogger style - inspirasi dan kreasi

Highlight