gravatar

Membaca Email Tanpa Internet

 

Posted: 18 Aug 2010 11:39 PM PDT

Email bagi sebagian besar orang yang melek IT merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan sehari-hari. Termasuk aku tentunya. Sebelum mengerjakan rutinitas keseharian, memeriksa inbox adalah hal wajib yang aku lakukan pertama kali. Sekedar melirik update terbaru dari teman-temanku hingga mengumpulkan uang receh dari email. Hahaha, lumayan buat beli domain ;)

Ada kalanya, karena berhubungan dengan pekerjaan, aku harus membuka email-email yang lama. Kegiatan ini mengharuskan aku untuk terkoneksi kembali ke web-mail (aku pakai gmail) dan melakukan filter berdasarkan waktu. Jika koneksi internet lagi jelek, makin lamalah pekerjaanku selesai.
Akan lebih mudah dan menghemat waktu tentunya (juga bandwidth) jika setiap email yang masuk tidak mengharuskan aku untuk terkoneksi ke internet hanya untuk membacanya. Disinilah kelebihan dari penggunaan email client.
Email client (contohnya Outlook Express pada XP dan sebelumnya atau Windows Mail pada Vista dan setelahnya) merupakan accessories yang selalu hadir gratis pada tiap versi Windows. Fungsinya sederhana, memungkinkan penggunanya untuk melakukan sinkronisasi dengan email server, mendownload email baru, mengirimkan email langsung dari komputer pengguna serta menerapkan filter sesuai kebutuhan terhadap email yang masuk. Fungsi yang ingin aku bahas saat ini adalah membaca email tanpa koneksi internet.
Mengatur Outlook atau Windows Mail agar dapat mendownload email secara otomatis dari email server langsung ke komputer pengguna adalah sangat mudah. Khususnya Windows Mail. Jika baru pertama kali menggunakan Windows Mail, maka anda akan diminta untuk membuat account email baru. Cukup masukkan alamat email anda dengan lengkap, jika anda terdaftar di gmail, secara otomatis Windows Mail akan melakukan setting untuk anda. Dengan cepat anda akan segera bisa membaca email layaknya dari web-mail. Kelebihannya, email-email yang lama akan tetap tersimpan di komputer anda dan bisa dibaca kapan saja tanpa koneksi internet. Mantap.
Secara garis besar ada 2 langkah yang harus dilalui untuk mengatur email client untuk menerima (retrieve) email dari email server.

  1. Mengaktifkan POP di Account Email Server - jika anda pengguna gmail, login ke gmail, kemudian masuk ke Settings > Forwarding and POP/IMAP. Pilih salah satu dari Enable POP for all mail atau Enable POP mail that arrives from now on. Kemudian klik Save Changes.
  2. Mengatur email client agar dapat me-retrieve email dari email server. Seperti yang saya katakan sebelumnya, jika anda pengguna Windows Mail, seharusnya tidak mengalami kesulitan sama sekali. Windows Mail akan membuatkan setting otomatis buat anda jika pada bagian awal anda memasukkan alamat email yang mengandung @gmail.com ;)
Namun jika anda mengalami kesulitan dikarenakan menggunakan email client yang berbeda (seperti yang saya gunakan di kantor) atau karena memang terjadi error lain, anda bisa melihat halaman bantuan dari gmail disini.
Ok, untuk meluruskan kesalahan persepsi di benak anda (jika ada), koneksi internet tetap dibutuhkan oleh email client anda saat :
  1. Menerima email baru
  2. Mengirim email
  3. Proses Sinkronisasi
Namun untuk sekedar membaca email-email yang telah lama, anda tidak butuh koneksi internet. Pastinya anda telah menghemat waktu sekian menit (tergantung kecepatan koneksi internet anda).
Gimana? ada yang bingung?

Read more great articles on: http://www.bloghery.info

Related Article by Categories



Widget by Uda3's Blog
Share

Tinggalkan kesan anda

Cbox Message :

Pagerank and Seo stats

There was an error in this gadget

Mohon Tinggalkan Link Anda:

Tukar Link dan Promosi Website
http://www.tirta-fajri.net/
http://sawali.info/10-1/
http://zianka-art.blogspot.com/
http://kedaiobat.co.cc/10-1/
http://Dhana Arsega.blogspot.com/
http://sudeska.net/
http://verdien.com/
http://myguidestar.blogspot.com
http://www.b-trang2u.com/_____ _____
http://hadzrin.com/_____ _____
_____ L _____
_____ M _____
_____ N _____
_____ O _____
_____ P _____
_____ Q _____
_____ R _____
_____ S _____
_____ T _____
_____ U _____
_____ V _____
_____ W _____
_____ X _____
_____ Y _____
_____ Z _____
Blogger style - inspirasi dan kreasi

Highlight