gravatar

Jajak Pendapat: Rakyat Inggris Ingin Pangeran William Jadi Raja

 

Minggu, 21 November 2010 09:58 WIB

London, (tvOne)
Pangeran William dan tunangannya Kate Middleton mesti menjadi raja dan ratu berikutnya Inggris, bukan pewaris takhta Pangeran Charles dan istrinya Camilla, Duchess of Cornwall, demikian hasil dua jajak pendapat Sabtu.
Angket oleh ICM, yang disiarkan di surat kabar Inggris, News of the World, memperlihatkan 64 persen orang ingin William dan mempelai masa depannya sebagai pewaris selanjutnya takhta Inggris. Sementara itu survey oleh YouGov di Sunday Times mendapati mayoritas orang Inggris berpendapat William akan menjadi raja yang lebih baik ketimbang ayahnya, Charles.
Charles (62) saat ini berada di urutan terdepan calon pewaris takhta, yang kini disandang oleh ibunya Ratu Elizabeth (84). Masyarakat Inggris bisa mengatakan "tidak" mengenai siapa yang mesti menjadi raja atau ratu berikutnya, peran yang kebanyakan simbolis di negara yang diperintah dengan sistem demokrasi parlementer.
Survei ICM juga mendapati kurang dari satu dari lima orang ingin takhta tersebut diwarisi oleh Charles dan Camilla. Jajak pendapat YouGov memperlihatkan 44 persen orang berpendapat Charles mesti memberi jalan kepada putranya untuk jadi raja berikutnya, sementara 37 persen berpendapat Charles tak perlu mengalah.
William dan Kate Middleton, keduanya berusia 28 tahun, mengumumkan pertunangan mereka pekan lalu, dan pasangan yang fotogenik tersebut menarik banyak media untuk meliput mereka.
Charles dipandang oleh sebagian orang Inggris sebagai terlalu tua untuk menyuntikkan vitalitas pada kerajaan, kalau saja ia akhirnya menggantikan ibunya.
Istri Charles, Camilla, sama sekali tak setenar istri pertamanya, Putri Diana, yang meninggal dalam kecelakaan mobil pada 1997, setelah Charles menceraikannya.
Angket itu dilakukan sehari setelah Charles, di dalam satu wawancara televisi, mengatakan Camilla dapat jadi ratu jika ia dinobatkan sebagai raja.
Charles menikahi Camilla, perempuan yang lama jadi pacarnya, lima tahunh lalu dan saat pernikahaan mereka, kegiatan itu secara resmi diputuskan Camilla akan menyandang gelar Princess Consort jika Charles jadi raja.
Satu jajak pendapat CNN/ComRes pekan lalu mendapati bahwa lebih dari dua-pertiga orang yang ditanyai percaya perkawinan William dan Kate akan baik buat kerajaan itu.
Banyak orang Inggris memang menyambut baik perkawinan William, yang dijadwalkan musim semi atau panas tahun depan. Tapi sebagian warga menyampaikan keprihatinan bahwa acara mewah akan tak layak buat negara yang masih terhuyung-huyung akibat tindakan penghematan ketat guna menanggulangi defisit anggaran yang tak pernah terjadi sebelumnya. (Ant)

ed

Related Article by Categories



Widget by Uda3's Blog
Share

Tinggalkan kesan anda

Cbox Message :

Pagerank and Seo stats

There was an error in this gadget

Mohon Tinggalkan Link Anda:

Tukar Link dan Promosi Website
http://www.tirta-fajri.net/
http://sawali.info/10-1/
http://zianka-art.blogspot.com/
http://kedaiobat.co.cc/10-1/
http://Dhana Arsega.blogspot.com/
http://sudeska.net/
http://verdien.com/
http://myguidestar.blogspot.com
http://www.b-trang2u.com/_____ _____
http://hadzrin.com/_____ _____
_____ L _____
_____ M _____
_____ N _____
_____ O _____
_____ P _____
_____ Q _____
_____ R _____
_____ S _____
_____ T _____
_____ U _____
_____ V _____
_____ W _____
_____ X _____
_____ Y _____
_____ Z _____
Blogger style - inspirasi dan kreasi

Highlight