gravatar

PVMBG: Gunung Bromo Berstatus Awas

 

Selasa, 23 November 2010 17:43 WIB

Status Gunung Bromo jadi Awas

Jakarta, (tvOne)
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, menaikkan status Gunung Bromo dari Siaga menjadi Awas atau Level IV terhitung sejak pukul 16:30 WIB, Selasa (23/11).
Berdasarkan pengamatan data kegempaan dan visual serta analisis data dalam situs resmi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menyebutkan, status kegiatan Gunung Bromo dinaikkan menjadi Awas (Level IV) sejak 23 November 2010 pukul 16.30 WIB.

Aktivitas Gunung Bromo pada hari ini Selasa (23/11) pukul 03:00 WIB terjadi Gempa Tremor menerus dengan amplituda maksimum 10 – 15 mm dengan dominasi 11 mm. Pukul 06:51 WIB Gempa Tremor menerus dengan amplituda maksimum 15 mm. sejak pukul 15.40 terekam Gempa Tremor terjadi menerus dengan amplituda maksimum 30 mm.

Pada Selasa ini, PVMBG menaikkan status gunung itu dua kali. Pukul 08.00 WIB lembaga itu menaikkan status gunung itu jadi Siaga (Level III).

Dengan naiknya status gunung Bromo menjadi Awas, PVMBG menghimbau masyarakat di sekitar Gunung Bromo diharap tenang, tidak terpancing isu-isu tentang letusan Gunung Bromo.
Guna mengurangi resiko bencana erupsi Gunung Bromo, masyarakat dan pengujung/wisatawan/pendaki tidak diperbolehkan mendekati dalam radius 3 km dari kawah aktif. Area kaldera lautan pasir dalam radius 2,5 km dari kawah aktif harus steril dan tertutup dari aktifitas masyarakat dan Wisata.
Sejak tanggal 15-21 November tercatat 354 kali gempa vulkanik dangkal, 10 kali gempa vulkanik dalam, serta 6 kali gempa tektonik jauh. Gempa tremor menerus terpantau dengan amplitudo 1,5-3 milimeter. Pada hari ini aktivitasnya meningkat.

rn

Related Article by Categories



Widget by Uda3's Blog
Share

Tinggalkan kesan anda

Cbox Message :

Pagerank and Seo stats

Mohon Tinggalkan Link Anda:

Tukar Link dan Promosi Website
http://www.tirta-fajri.net/
http://sawali.info/10-1/
http://zianka-art.blogspot.com/
http://kedaiobat.co.cc/10-1/
http://Dhana Arsega.blogspot.com/
http://sudeska.net/
http://verdien.com/
http://myguidestar.blogspot.com
http://www.b-trang2u.com/_____ _____
http://hadzrin.com/_____ _____
_____ L _____
_____ M _____
_____ N _____
_____ O _____
_____ P _____
_____ Q _____
_____ R _____
_____ S _____
_____ T _____
_____ U _____
_____ V _____
_____ W _____
_____ X _____
_____ Y _____
_____ Z _____
Blogger style - inspirasi dan kreasi

Highlight