gravatar

BC Minta Keterangan Pertamina Terkait Penyelundupan BBM

 

Antara - Selasa, 7 Desember

BC Minta Keterangan Pertamina Terkait Penyelundupan BBM

Karimun, Kepri (ANTARA) - Penyidik Kanwil Khusus Ditjen Bea Cukai Kepulauan Riau, minta keterangan PT Pertamina terkait kasus penyelundupan BBM yang melibatkan kapal tanker MT Eternal Oil II dan Jie Sheng. `` Saat ini kami di Jakarta dalam kaitan meminta keterangan Pertamina terkait penyelundupan BBM yang diangkut MT Eternal Oil II yang kami tangkap di perairan Pulau Tujuh, Bangka, Bangka Belitung, Kamis (18/11).`` kata Kepala Seksi Penyidikan Kanwil Khusus Ditjen Bea Cukai Kepulauan Sad Wibowo ketika dihubungi dari Tanjung Balai Karimun, Senin.

Sad Wibowo mengatakan, Pertamina dimintai keterangan sebagai saksi karena berstatus pengontrak MT Eternal Oil II. `` Pemeriksaan bertujuan untuk mengetahui pemilik BBM muatan kapal tersebut,`` katanya tanpa menyebutkan nama dan jumlah saksi yang akan diperiksa.

Selain saksi dari Pertamina, pihaknya juga akan memeriksa pemilik kapal yang dijadwalkan pada Rabu pekan ini. `` Pemilik kapal juga masih dalam kapasitas sebagai saksi, arah pemeriksaan juga berkaitan dengan kepemilikan BBM,`` katanya.

Sebelumnya, penyidik telah menetapkan tiga orang sebagai tersangka tindak pidana penyelundupan ekspor, yaitu nakhoda MT Eternal Oil berinisial WS, ``chief officer`` Eternal Oil berinisial E dan nakhoda MT Jie Sheng, JTP.

Penyidik juga telah menyita barang bukti berupa uang sebesar Rp300 juta yang merupakan hasil penjualan BBM dari Eternal Oil ke MT Jie Sheng. `` Berdasarkan pemeriksaan laboratorium, jenis minyak yang dimuat Eternal Oil adalah ``off spec`` (minyak bekas) atau cenderung diesel,`` katanya.

Dia juga mengatakan, dari total 475 ton yang telah ditransfer ke lambung Jie Sheng ternyata tidak semuanya BBM, tetapi sudah bercampur air. ``Hanya 420 ton murni BBM,`` katanya.

Untuk kepentingan penyidikan, lanjut dia, penyidik juga telah mengajukan permohonan penyitaan terhadap kapal beserta muatannya dari Pengadilan Negeri Tanjung Balai Karimun pekan lalu. `` Kami belum membaca surat izin penyitaan itu, namun kami perkirakan sudah disetujui pengadilan,`` ucapnya.

MT Eternal Oil II, kapal tanker berbendera Indonesia dengan bobot 17.500 ton kepergok sedang mentransfer muatannya secara ilegal ke lambung MT Jie Sheng GT 600, kapal berbendera Malaysia di perairan Pulau Tujuh, Bangka pada Kamis (18/11).

Kedua kapal tersebut saat ini lego jangkar di depan perairan Tanjung Balai Karimun dengan status barang tangkapan dan di bawah pengawasan Kanwil BC Kep

Related Article by Categories



Widget by Uda3's Blog
Share

Tinggalkan kesan anda

Cbox Message :

Pagerank and Seo stats

There was an error in this gadget

Mohon Tinggalkan Link Anda:

Tukar Link dan Promosi Website
http://www.tirta-fajri.net/
http://sawali.info/10-1/
http://zianka-art.blogspot.com/
http://kedaiobat.co.cc/10-1/
http://Dhana Arsega.blogspot.com/
http://sudeska.net/
http://verdien.com/
http://myguidestar.blogspot.com
http://www.b-trang2u.com/_____ _____
http://hadzrin.com/_____ _____
_____ L _____
_____ M _____
_____ N _____
_____ O _____
_____ P _____
_____ Q _____
_____ R _____
_____ S _____
_____ T _____
_____ U _____
_____ V _____
_____ W _____
_____ X _____
_____ Y _____
_____ Z _____
Blogger style - inspirasi dan kreasi

Highlight