gravatar

Makan Daging Merah Berlebihan Percepat Kematian

  • Makan Daging Merah Berlebihan Percepat KematianLihat Foto

    Makan Daging Merah Berlebihan Percepat Kematian

Laporan Wartawan Tribun Jakarta, Agustina N.R

TRIBUNNEWS.COM - Sebuah studi baru yang dipublikasikan oleh Archives of Internal Medicine menemukan risiko kematian pada usia dini dari penyakit jantung, kanker, atau lainnya karena mengkonsumsi daging merah berlebihan.

Makan daging merah terlalu banyak yang  tinggi lemak jenuh dan kolesterol, dipandang tidak sehat oleh beberapa ahli, terutama bagi jantung. Hal tersebut diukur dari jangka hidup seseorang.Para peneliti melacak makanan pada lebih dari 121.000 laki-laki dan perempuan paruh baya selama 28 tahun. Sekitar 20 persen dari peserta meninggal dalam rentan waktu tersebut.

Berdasarkan penelitian, setiap porsi tambahan daging merah yang ditambahkan ketika peserta makan diasosiasikan dengan risiko meninggal 13 persen lebih tinggi. Produk daging olahan seperti hot dog, daging  ham, dan salami merupakan produk berbahaya. Setiap porsi tambahan makanan tersebut dikaitkan dengan resiko meninggal 20 persen lebih tinggi dari pada yang tidak mengkonsumsi.

Peneliti memperkirakan bahwa mengganti satu porsi harian daging merah dengan ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, atau produk susu rendah lemak akan menambah peluang hidup dari 7% menjadi 19 persen.

Mereka menambahkan jika setiap orang dalam studi ini telah memangkas asupan daging merah kurang rata-rata setengah dari porsi per hari, resiko kematian dapat dicegah 9 persen pada laki-laki, dan 8 persen pada perempuan.

"Kami tidak ingin semua orang menjadi vegetarian, meskipun  menghindari daging merah olahan merupakan langkah yang baik. Lebih baik konsumsi produk yang belum diproses dan makanan nabati," ujar An Pan, Ph.D, penulis dan peneliti dari Harvard school of Public Health, Boston, seperti yang dilangsir situs Health.

Related Article by Categories



Widget by Uda3's Blog
Share

Tinggalkan kesan anda

Cbox Message :

Pagerank and Seo stats

There was an error in this gadget

Mohon Tinggalkan Link Anda:

Tukar Link dan Promosi Website
http://www.tirta-fajri.net/
http://sawali.info/10-1/
http://zianka-art.blogspot.com/
http://kedaiobat.co.cc/10-1/
http://Dhana Arsega.blogspot.com/
http://sudeska.net/
http://verdien.com/
http://myguidestar.blogspot.com
http://www.b-trang2u.com/_____ _____
http://hadzrin.com/_____ _____
_____ L _____
_____ M _____
_____ N _____
_____ O _____
_____ P _____
_____ Q _____
_____ R _____
_____ S _____
_____ T _____
_____ U _____
_____ V _____
_____ W _____
_____ X _____
_____ Y _____
_____ Z _____
Blogger style - inspirasi dan kreasi

Highlight