gravatar

Tenaga Surya Sebagai Sumber Energi Masa Depan

 

Tenaga Surya Sebagai Sumber Energi Masa Depan

Penulis: M. Faris Faishal Afi

20 Juli 2014

Tenaga Surya Sebagai Sumber Energi Masa Depan

Kategori Teknologi

Matahari sudah menjadi bagian hidup manusia sejak manusia pertama diciptakan. Bintang terbesar di tata surya ini sudah banyak dimasukkan dalam cerita rakyat, dongeng, novel, dan juga karya-karya sastra lainnya. Namun bukan itu kegunaan utama dari matahari. Kegunaan utama dari matahari adalah tenaga panas yang dimilikinya. Sudah lama matahari digunakan sebagai sumber utama penghasil energi di bumi. Umum dikenal dengan tenaga surya, tenaga ini digunakan manusia untuk menghasilkan listrik disamping tenaga-tenaga lainnya seperti air, angin, uap, juga nuklir.
Berbeda dengan sumber alam seperti batu bara dan minyak yang diperkirakan dapat habis, tenaga surya terbilang tidak bisa habis atau dapat diperbaharui. Salah satu bentuk pemanfaatan tenaga surya yang baik ada di California. Di tengah-tengah gurun gersang Mojave, sebuah pembangkit listrik tenaga surya berdiri. Pembangkit listrik ini bernama Ivanpah dan dimiliki oleh Google, NRG Energy dan BrightSource Energy dibangun diatas lahan seluas 1416 hektar. Suhu gurun Mojave yang mencapai 37 derajat Celsius mampu menyuplai panas kepada 3 panel kaca surya utama yang terdiri lebih dari 300 ribu kaca.
Setiap panel utama ini dilengkapi dengan menara khusus setinggi 137 meter di bagian tengah untuk memproses panas menjadi uap yang akan memutar turbine sehingga menghasilkan listrik. Proyek senilai 2.2 miliar Dollar ini diklaim dapat memberi tenaga untuk 140.000 rumah di California. Emisi CO2 yang selama ini sering disebut sebagai penyebab global warming, dapat berkurang sebanyak 400.000 ton karena Ivanpah ini. Sampai saat ini, Ivanpah merupakan pembangkit listrik tenaga surya terbesar dan tercanggih di dunia.
Keistimewaan Ivanpah tidak hanya berhenti sampai disitu. Panel-panel kaca ini dapat menyimpan yang terkonsentrasi sehingga tetap dapat beroperasi meskipun matahari telah terbenam. Satu-satunya masalah dari Ivanpah ini adalah udara panas disekitar panel kaca terkadang membakar burung-burung yang melewatinya. Namun masalah akan segera diatasi, mengingat Ivanpah baru beroperasi selama setahun. Randall Hickok, Senior Vice Presiden dari NRG Energy menyatakan bahwa pembangkit listrik semacam Ivanpah harus lebih banyak dibangun di seluruh dunia demi menghindari perubahan iklim karena manusia.

Artikel ini ditulis oleh : M. Faris Faishal Afif

Related Article by Categories



Widget by Uda3's Blog
Share

Tinggalkan kesan anda

Cbox Message :

Pagerank and Seo stats

There was an error in this gadget

Mohon Tinggalkan Link Anda:

Tukar Link dan Promosi Website
http://www.tirta-fajri.net/
http://sawali.info/10-1/
http://zianka-art.blogspot.com/
http://kedaiobat.co.cc/10-1/
http://Dhana Arsega.blogspot.com/
http://sudeska.net/
http://verdien.com/
http://myguidestar.blogspot.com
http://www.b-trang2u.com/_____ _____
http://hadzrin.com/_____ _____
_____ L _____
_____ M _____
_____ N _____
_____ O _____
_____ P _____
_____ Q _____
_____ R _____
_____ S _____
_____ T _____
_____ U _____
_____ V _____
_____ W _____
_____ X _____
_____ Y _____
_____ Z _____
Blogger style - inspirasi dan kreasi

Highlight