gravatar

Menyapih ASI

 

Kapan waktu yang tepat untuk mulai? Baca opini pakar

Apakah yang dimaksud menyapih?

Ketika si kecil berhenti menyusu dan mulai menerima semua kebutuhan gizinya dari makanan selain ASI, bisa dikatakan ia sedang disapih. Si kecil juga disapih dari susu botol, namun istilah ini biasanya digunakan pada saat si kecil berhenti disusui ASI secara langsung.

Ada ibu yang memutuskan sendiri kapan si kecil akan disapih dan ada juga menyerahkan keputusan itu kepada si kecil. Menurut pakar menyusui, penyapihan sebaiknya dilakukan sesuai kemauan bayi/anak. Artinya, biarkan bayi atau batita Anda menentukan kapan ia ingin berhenti menyusui. Jika diputuskan oleh ibu, akan diperlukan banyak kesabaran dan akan memakan waktu tergantung sebaik dan secepat apa bayi Anda menyesuaikan diri. Ada ibu yang berkata penyapihan dapat memakan waktu satu bulan hingga 6 minggu, atau di antaranya. Pengalaman tiap orang berbeda-beda.

Menyapih adalah proses perpisahan yang panjang, emosional, kadang membuat sedih, tetapi sekaligus membebaskan. Menyapih bukan tanda berakhirnya keintiman antara Anda dan si kecil yang terjadi selama proses menyusui. Menyapih berarti Anda mengganti kegiatan menyusui dengan kegiatan pengasuhan lainnya. Jika Anda sering menyusui si kecil untuk menenangkannya, coba cari cara lain untuk membuatnya merasa lebih baik. Membaca buku, menyanyi bersama, atau bermain di luar dapat dijadikan kegiatan pengganti.

Kapan saya harus mulai menyapih?

Anda sendiri yang paling bisa memutuskan kapan sebaiknya mulai menyapih, tak perlu menentukan batas waktu, jalani saja hingga Anda dan si kecil sudah siap menjalaninya. Menurut rekomendasi Departemen Kesehatan AS, sebaiknya ASI eksklusif diberikan selama 6 bulan pertama (26 minggu).

Bagaimana cara menyapih?

Lakukan perlahan-lahan. Para pakar menyarankan agar Anda tidak langsung begitu saja berhenti menyusui karena dapat menimbulkan trauma bagi si kecil dan bagi Anda sendiri, rasanya sangat tidak nyaman. Anda berdua dengan suami meninggalkan si kecil pada akhir minggu, misalnya, juga bukan cara yang baik untuk menyapih karena payudara Anda bisa membengkak dan bahkan dapat meradang.

Jika si kecil belum menunjukkan tanda-tanda untuk berhenti, sulit baginya untuk mulai disapih. Cobalah bersabar. Pahami, bagi si kecil menyusui bukan hanya sebagai sumber nutrisi tetapi juga mendapatkan kenyamanan. Dengan mengingat hal ini, Anda dapat membantu si kecil untuk menyesuaikan diri. Cobalah beberapa cara ini:

• Berikan ASI hanya jika si kecil menginginkannya. Jika ia tidak tertarik atau terganggu saat Anda menyusuinya atau mengisap hanya beberapa detik, ia mungkin memberi tanda bahwa ini sudah waktunya menyapih. Lewatkan satu sesi menyusui dan lihat apa yang terjadi. Tawari si kecil segelas atau sebotol susu formula sebagai pengganti atau susu sapi jika usianya sudah di atas satu tahun. Jika Anda mengurangi menyusui sedikit demi sedikit, si kecil akan mempunyai waktu untuk menyesuaikan diri pada perubahan. Pasokan ASI Anda juga akan menurun sesuai kebutuhan yang juga menurun, tanpa membuat payudara Anda membengkak atau menyebabkan Anda mengalami mastitis, yaitu peradangan payudara.

• Tunda dan alihkan perhatian. Coba tunda menyusui jika Anda hanya menyusui sebentar-sebentar. Jika si kecil minta disusui, katakan bahwa Anda akan menyusuinya nanti dan alihkan perhatiannya. Cara ini dapat berhasil jika Anda mempunyai batita yang sudah bisa diajak bicara. Sebagai ganti menyusui di sore hari, Anda dapat memintanya menunggu hingga waktunya tidur.

"Saya telah berusaha untuk menyapih selama sebulan dan tidak ada hasilnya kecuali perjuangan keras".

Jika Anda mencoba segala cara untuk menyapih dan kelihatannya tidak berhasil, memang saatnya mungkin belum tepat. Apakah Anda baru saja kembali bekerja? Si kecil mungkin masih menyesuaikan diri dengan perkembangan baru ini. Apakah si kecil sakit? Kadang-kadang bayi yang merasa badannya tidak enak akan minta disusui lebih sering, bahkan bayi yang sedang sakit sering kali sangat ingin disusui. Apakah rumah tangga Anda baru mengalami perubahan besar, misalnya pindah rumah? Kejadian seperti itu juga akan mempersulit proses menyapih. Jika demikian, mungkin sekarang bukan saat yang tepat untuk membuat perubahan lain dalam kehidupan si kecil. Cobalah lagi bulan depan. Cepat atau lambat, hal itu akan terjadi.

Diadaptasi dari BabyCentre

Related Article by Categories



Widget by Uda3's Blog
Share

Tinggalkan kesan anda

Cbox Message :

Pagerank and Seo stats

There was an error in this gadget

Mohon Tinggalkan Link Anda:

Tukar Link dan Promosi Website
http://www.tirta-fajri.net/
http://sawali.info/10-1/
http://zianka-art.blogspot.com/
http://kedaiobat.co.cc/10-1/
http://Dhana Arsega.blogspot.com/
http://sudeska.net/
http://verdien.com/
http://myguidestar.blogspot.com
http://www.b-trang2u.com/_____ _____
http://hadzrin.com/_____ _____
_____ L _____
_____ M _____
_____ N _____
_____ O _____
_____ P _____
_____ Q _____
_____ R _____
_____ S _____
_____ T _____
_____ U _____
_____ V _____
_____ W _____
_____ X _____
_____ Y _____
_____ Z _____
Blogger style - inspirasi dan kreasi

Highlight