gravatar

India Berencana Tutup Google dan Skype

 

 

India Berencana Tutup Google dan Skype

India mungkin akan menutup Google dan layanan pesan berbasis internet Skype karena kekhawatiran soal keamanan, menurut laporan "The Financial Times" pada Jumat, saat pemerintah mengancam hal yang sama pada layanan BlackBerry.

Koran "The Financial Times" mengutip notulen dari pertemuan pada 12 Juli antara pejabat keamanan dalam kementerian telekomunikasi dengan asosiasi operator untuk melihat solusi yang memungkinkan untuk "menembus dan memantau" komunikasi terenkripsi.

"Sebelumnya ada konsensus bahwa ada lebih dari satu jenis layanan yang jalan ke luarnya harus dipertimbangkan. Beberapa di antara mereka adalah BlackBerry, Skype, Google dan yang lain," menurut notulen dari kementerian tersebut.

"Sudah diputuskan bahwa BlackBerry yang pertama ditindak dan kemudian layanan lain," lanjut notulen tersebut.

Pada Kamis, pemerintah India menjadi beberapa negara terakhir yang mengancam untuk memutuskan layanan milik Research In Motion (RIM), seperti surel (email) terenkripsi dan layanan olahpesan cepat untuk BlackBerry, bila perusahaan Kanada tersebut tidak menindak masalah keamanan nasional.

India telah menetapkan tenggat waktu hingga 31 Agustus tahun ini kepada RIM.

Mereka ingin akses dalam format yang dapat dibaca pada komunikasi BlackBerry terenkripsi, dengan alasan komunikasi tersebut dapat disalahgunakan oleh kelompok gerilyawan.

Kelompok gerilyawan berbasis Pakistan menggunakan telepon selular dan satelit pada serangan di Mumbai pada 2008 yang merenggut 166 korban.

Permintaan India disampaikan setelah perjanjian dengan Arab Saudi, yang menurut seorang sumber, RIM menyetujui untuk memberi pihak berwenang kode untuk pengguna layanan BlackBerry Messenger.

Uni Emirat Arab, Lebanon dan Aljazair juga meminta akses.

Para pejabat mengatakan RIM telah mengusulkan pelacakan email tanpa memberitahu detil enkripsi, tetapi hal tersebut masih belum cukup.

The Financial Times melaporkan perwakilan dari dua asosiasi operator telekomunikasi yang hadir mengkonfirmasi perincian pertemuan pada awal bulan ini.

"Pada pertemuan keamanan terakhir, para badan keamanan membicarakan tentang BlackBerry. Mereka juga bersikap berat terhadap Skype dan Google," kata Rajesh Chharia, presiden dari Asosiasi Penyedia Layanan Internet di India.

Penutupan layanan akan menyebabkan satu juta pengguna di India keluar dari 41 juta pengguna "smartphone".

India merupakan salah satu pasar RIM paling cepat berkembang.

RIM mengoperasikan jaringannya sendiri, berbeda dengan pesaingnya seperti Nokia dan Apple, melalui sejumlah server aman yang berlokasi di Kanada dan beberapa negara lainnya, seperti Inggris.

Harga saham RIM menurun dua persen, dengan terakhir pada 56,44 dolar Kanada di pasar Toronto.

Dalam beberapa pekan, BlackBerry -- yang digunakan oleh banyak direktur utama di dunia dan politikus, termasuk Presiden AS Barack Obama -- telah menjadi target untuk surel tersegel dan layanan pesan dengan banyak pemerintah di seluruh dunia

Related Article by Categories



Widget by Uda3's Blog
Share

Tinggalkan kesan anda

Cbox Message :

Pagerank and Seo stats

There was an error in this gadget

Mohon Tinggalkan Link Anda:

Tukar Link dan Promosi Website
http://www.tirta-fajri.net/
http://sawali.info/10-1/
http://zianka-art.blogspot.com/
http://kedaiobat.co.cc/10-1/
http://Dhana Arsega.blogspot.com/
http://sudeska.net/
http://verdien.com/
http://myguidestar.blogspot.com
http://www.b-trang2u.com/_____ _____
http://hadzrin.com/_____ _____
_____ L _____
_____ M _____
_____ N _____
_____ O _____
_____ P _____
_____ Q _____
_____ R _____
_____ S _____
_____ T _____
_____ U _____
_____ V _____
_____ W _____
_____ X _____
_____ Y _____
_____ Z _____
Blogger style - inspirasi dan kreasi

Highlight